SELAMAT DATANG DI BLOG THE BLACK HEROES

Sabtu, 15 September 2012

Cara Mengurangi Nafsu Makan


Punya masalah dengan berat badan berlebih? Atau Anda punya postur tubuh ideal dan ingin mempertahankannya? Jika demikian, Anda perlu memperhatikan pola makan. Nafsu makan juga mesti dikendalikan, agar jumlah makanan yang Anda konsumsi tidak berlebihan. Bagaimana caranya, akan dibahas lebih lanjut.
Lapar adalah rangsangan biologis untuk memastikan anda cukup makan. Sedangkan peneliti mengatakan bahwa nafsu makan lebih ke arah pilihan yang kita buat berdasarkan keinginan yang lebih terkendalikan. Nafsu makan adalah kumpulan yang komplek dari reaksi kimia tubuh, kebiasaan, perilaku sosial dan kondisi psikis yang begitu terkenal susah dikendalikan.
Tapi bukan berarti tidak mungkin untuk menahannya. Khususnya setelah para ilmuwan dan ahli terapi meneliti secara khusus kekuatan dari nafsu makan dan bagaimana menguranginya. Berikut beberapa tips kunci untuk memonotir dan mengurangi nafsu makan anda:
1. Tidur cukup
Orang yang tidur kurang dari delapan jam akan mengalami fluktuasi hormonal. Kata para ahli, nafsu makan seseorang cenderung meningkat ketika hormon-hormon di dalam tubuh berfluktuasi.
2. Utamakan asupan protein saat sarapan
Asupan protein yang memadai saat sarapan akan mengurangi rasa lapar pada siang hari. Alhasil, Anda tidak terangsang untuk makan dalam jumlah banyak. Riset menunjukkan, berkat asupan protein yang cukup di pagi hari, total asupan kalori harian Anda akan cenderung lebih sedikit dari biasanya. Pengurangan itu mencapai 267 kalori. Lumayan kan?
3. Jauhkan makan favorit
Namanya juga makanan favorit, sudah barang pasti kita akan suka dan kerap menikmatinya. Agar tak sampai kebablasan saat menikmatinya, jauhkan makanan favorit itu dari jangkauan tangan Anda. Apa yang dilakukan Brian Wansink PhD, psikolog sekaligus pemerhati makanan dari Cornell University, mungkin bisa dicontoh. Ia menyimpan minuman soda kesukaannya di almari pendingin yang ada di ruang bawah tanah. ”Biasanya saya malas untuk mengambil ke bawah. Jadi, saya minum saja air putih di dapur.”
4. Sajikan secukupnya
Tahukah Anda, makin banyak makanan yang tersaji di meja makan, makin banyak pula makanan yang Anda santap. Karena itu, usahakan untuk menyajikan makanan secukupnya saja. Saat di restoran dan Anda memesan makanan cukup banyak misalnya, jangan segan meminta pelayan untuk membungkus (untuk dibawa pulang) sebagian makanan itu. Sesampai di rumah, simpan makanan itu dalam kulkas dan Anda bisa menyantapnya esok hari. Hal ini juga berlaku saat Anda ngemil, siapkan selalu wadah atau piring kecil untuk camilan Anda. Dengan wadah itu, Anda biasanya akan segera berhenti ketika camilan di wadah tersebut habis. Acara ngemil pun lebih terkendali.
5. Hindari tempat makan transparan
Salah memilih wadah makanan ternyata bisa berefek buruk bagi diet. Tempat makan atau piring transparan ternyata bisa membuat makanan terlihat semakin menggoda dan membuat susah kenyang. Sebuah penelitian dalam International Journal of Obesity di Amerika mengungkapkan, perempuan akan makan 71 persen lebih banyak jika menggunakan wadah transparan.
6. Asyik mengobrol
Saat makan bersama teman-teman, kerap kali obrolan seru terjadi. Ternyata, mengobrol bisa membuat Anda kehilangan waktu untuk makan dalam jumlah banyak. Gara-gara asyik ngobrol, bisa jadi makanan di piring Anda masih tersisa, sementara teman Anda sudah selesai makan. Kalau begini, mesti bagaimana? Kalau teman-teman sudah selesai makan, Anda pun sebaiknya segera menyudahi acara makan.
7. Awali dengan sup
Awali makan siang dengan sup sayuran sekitar 130 kalori. Dengan cara ini, Anda tidak terangsang untuk makan dalam jumlah banyak, sebab perut Anda telah ‘diganjal’ lebih dulu oleh sup.
8. Pilih warna biru
Tanpa Anda sadari, permainan warna ternyata bisa berpengaruh terhadap nafsu makan. Warna lembut dan hangat, seperti kuning, hijau, pink, ungu, dan oranye, ternyata bisa membuat Anda makan lebih banyak. Tak perlu heran jika warna tersebut sering ditemui pada kemasan makanan atau dekorasi resto yang Anda kunjungi. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan warna biru sebagai penetral. Biru bisa mengurangi hasrat makan hingga 30 persen
9. Kurangi pilihan makanan
Paket makanan dengan beragam variasi rasa seperti biskuit, permen, cokelat, dan lain-lain, cenderung merangsang seseorang untuk mencicipi semuanya. Dampaknya, asupan kalori meningkat tanpa Anda sadari. Ternyata, banyak pilihan tak selalu baik, terutama untuk Anda yang ingin mengendalikan nafsu makan..
10. Gunakan cahaya terang
Memang asyik untuk ngopi dan menyantap hidangan di restoran dengan lampu-lampu bernuansa gold. Selain teduh, pencahayaan ini mampu menimbulkan rasa tenang dan memberi efek romantis. Ups, hati-hati, ternyata suasana redup cenderung remang bisa meningkatkan nafsu makan. Sebisa mungkin, pilihlah ruangan dengan pencahayaan yang terang jika Anda ingin makan besar.
11. Hirup aroma buah
Penelitian dari The Smell and Taste Foundation di Chicago menyebutkan, aroma buah bisa mengurangi keinginan untuk makan banyak. Jika tak ada buah, menghirup wewangian jeruk bisa menjadi solusi tepat. Selain mudah didapat, pewangi ruangan beraroma jeruk bisa Anda letakkan di meja kerja atau mobil.
12. Tertawa dan bahagia
Pergi makan siang bersama rekan kerja ternyata bisa membuat Anda tak terlalu bernafsu untuk makan. Komunikasi yang terjalin antara Anda dan rekan bisa melenyapkan beberapa persen keinginan untuk makan banyak. Pasalnya, kehadiran orang lain bisa mengalihkan fokus Anda terhadap makanan
13. Tanyakan kembali niat Anda
Untuk kebanyakan orang makan bukan karena alasan membutuhkan asupan nutrisi tapi lebih ke arah dorongan lidah. Ada satu penangkal yang sederhana. Tanya diri anda sendiri secara jujur, untuk apa anda memasukan makanan ke dalam mulut. Jika rasa lapar bukan alasan utamanya, segera hentikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar